Manfaat Ginkgo Biloba Untuk kesehatan

19 May 2017

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh.. 

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit infromasi mengenai manfaat dari ginkgo biloba ini.

mungkin disini banyak yang tidak tau apa itu ginkgo biloba. oke mari kita simak berikut.

tumbuhan ginkgo biloba

Ginkgo Biloba

Pohon yang memiliki ciri-ciri daun berbentuk kipas yang tumbuh dari ujung batang/cabang, tidak berbunga dan berbuah karena merupakan tumbuhan berbiji terbuka serta Bijinya pun terlindungi oleh selapis jaringan lunak ini adalah Pohon yang dapat hidup sampai beribu ribu tahun dan dapat mencapai tinggi hingga 100 kaki. tumbuhan ini sangat kuat bahkan ada beberapa pohon ginkgo di hirosima, jepang yang selamat dari bom atom. tumbuhan ini berasal dari Cina bagian timur, kemudian dibawa ke Jepang dan dari sana pindah ke dunia barat.

Ginkgo biloba telah digunakan sebagai obat selama hampir ribuan tahun. orang-orang terdahulu, sering menggunakan daunnya untuk membantu sirkulasi darah dan untuk mengobati masalah kulit, seperti luka dan bintik-bintik. selain itu bijinya juga sering digunakan untuk keperluan memasak dan juga digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, masalah kandung kemih, dan bahkan kanker. secara tradisional, tumbuhan ini digunakan untuk mengobati masalah paru-paru seperti asma dan bronkitis kronis. saat ini hanya daun ginkgonya saja yang digunakan untuk tujuan medis. dua komponen utama dari daun ginkgo adalah flavonoid dan terpenoid. Flavonoid sebagai anti-oksidan yang berbasis tanaman, membantu melindungi pembuluh darah dan sistem saraf pusat. Terpenoid melebarkan pembuluh darah dan membantu menjaga platelet darah dari saling menempel.

Berikut manfaat tumbuhan ginkgo biloba

  • Memperbaiki fungsi otak

Berdasarkankan jurnal bertajuk The memory enhancing effects of a Ginkgo biloba/Panax ginseng combination in healthy middle-aged volunteers yang terbit pada tahun 2000 di laman jurnal spingerLink diungkapkan bahwa ginkgo biloba akan memberikan stimulan positif untuk ingatan, daya pikir, kosentrasi, dan mengatasi efek lelah atau penat pada otak.
kemampuan ginkgo biloba juga diakui secara medis dalam menstimulasi kemampuan kognitif yang memberi pengaruh positif terhadap masalah demensia dan alzheimer. Stimulan di dalamnya mencegah kerusakan neurotransmitter dan mengatasi kerusakan sistem saraf yang mengacaukan ingatan dan sistem kognitif.

  • Membantu mengatasi nyeri sendi

Ginkgo biloba mengandung anti inflamasi yang terbukti bekerja mengatasi sejumlah keluhan peradangan dan inflamasi dalam tubuh. Sifat analgesik di dalamnya membuatnya kerap menjadi pilihan herbal tradisional dalam mengatasi nyeri sendi akibat asam urat, arthritis dan reumatik.
Kandungan analgesik dalam ginkgo biloba sudah terbukti sebagaimana terungkap dalam jurnal Ginkgo biloba extract EGb 761 has anti-inflammatory properties and ameliorates colitis in mice by driving effector T cell apoptosis yang diterbitkan oleh Carcinogenesis Integrative Cancer Research.

  • Memperlancar sirkulasi darah

Menurut The American Journal of Medicine, dalam jurnal Ginkgo Biloba extract for the treatment of intermittent claudication: a meta-analysis of randomized trials tahun 2000 dijelaskan bagaimana ginkgo biloba bekerja efektif mengurangi dan meredakan keluhan sirkulasi darah buruk pada penyakit Claudication.

  • Menjaga kesehatan mata

Dalam Cochrane Library kita bisa menemukan salah satu riset yang dipublikasikan tahun 1999 dengan tajuk Ginkgo biloba extract for age-related macular degeneration.
dijelaskan bahwa ekstrak dari daun ginkgo biloba akan efektif membantu menstimulasi sistem jaringan saraf pada mata, menjaga kesehatan jaringan pada mata dengan memperbaiki setiap kerusakan sel yang terjadi. Dan dijelaskan pula bagaiamana mereka yang mengonsumsi daun ginkgo biloba dengan rutin akan mendapatkan penglihatan sehat lebih panjang dari yang lain.

  • Sebagai anti penuaan dini

Kemampuannya dalam menstimulasi sirkulasi darah membuat aliran darah menuju sel tepi termasuk kulit akan lebih optimal. Kulit yang ternutrisi dan mendapatkan asupan oksigen memadai akan menghasilkan kulit lebih sehat dan bebas dari keriput.

Dalam riset yang dikembangkan oleh pakar dermatologi herbal asal Jepang, Yuji Naito ditemukan manfaat ginkgo biloba terhadap kesehatan kulit, termasuk mengatasi penuaan dini. Kandungan anti biotik dan anti inflamasi pada ginkgo biloba menjadika herbal ini efektif mengatasi keluhan jerawat dan jamur pada kulit.

 

sumber Toko Green World Indonesia - Harga dan Manfaat Ginkgo Biloba plus Capsule


TAGS Obat Ginkgo Biloba


-

Author

berbagi informasi seputar kesehatan.

Search

Recent Post